Stocklab Competition 2020



Stocklab merupakan sebuah permainan kartu pengenalan pasar modal yang dimainkan oleh dua hingga lima orang pemain.. Permainan ini terdiri dari beberapa kartu, di antaranya kartu saham, kartu emiten, dan kartu aksi. Permainan ini pun mengenalkan para pesertanya ke rumor yang bisa jadi sentimen pergerakan suatu saham dan trading fee. Permainan ini tak hanya mencakup pemahaman tentang investasi, melainkan juga tentang aksi korporasi seperti rights issue, dividen, dan stock split. Jadi mahasiswa juga bisa dikenalkan ke berbagai aksi korporasi tersebut.

Cara bermain stocklab sendiri adalah setiap peserta di awal permainan mendapatkan poin-poin, untuk digunakan membeli kartu saham dengan bermacam-macam sektor. Selain itu, ada kartu ekonomi dan corporate action yang bisa dipilih setelah dikocok. Untuk memenangkan permainan, peserta harus bisa menggunakan kartu-kartu denga strategi yang dimiliki sehingga poinnya lebih tinggi.

Melalui permainan ini para pesertanya diharapkan tak hanya mengenal cara bermain saham, tetapi juga berbagai istilah dunia pasar modal serta sentimen-sentimen yang bisa mempengaruhi pergerakan saham. Selain itu diharapkan juga mampu meningkatkan kesadaran akan investasi di pasar modal bagi generasi muda.

Maka dari itu kami Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) mengadakan lomba stocklab pada 29 Februari 2020 yang menjadi salah satu rangkaian kegiatan dari "Technology Capital Market Competition ".
Adit M. Budiarto, selaku Ketua Panitia Lomba Stocklab memberika apresiasi kepada peserta yang telah mengikuti kompetisi tersebut, seperti yang dikatakan dalam sambutannya “Saya selaku ketua panitia kompetisi stocklab berterima kasih kepada semua para peserta yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini dan berharap dapat saling menjaga profesionalitas antar peserta. Serta berharap kompetisi ini berjalan sesuai yang diekspektasikan dan menjunjung tinggi fairplay.”

Kemudian, Rika Sabar Abadi selaku Ketua Umum KSPM menyampaikan bahwa “Saya berharap kompetisi stocklab ini dapat terus berjalan di tahun-tahun yang akan datang serta dapat mengembangkan serta menginformasikan kepada kaum milenial agar mengerti pentingnya investasi dini untuk masa depan.”
Selain itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Teknologi Yogyakarta Bapak Eko Setyo Humanika memberikan apresiasi atas kegiatan KSPM dan berharap kegiatan positif ini dapat mendidik generasi milenial.

0 Comments