SEMINAR NASIONAL PASAR MODAL

Seminar nasional pasar modal adalah salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh KSPM UTY dengan menghadirkan beberapa pembicara yang bertujuan untuk menyampaikan informasi dan materi mengenai pasar modal kepada mahasiswa dan masyarakat umum. Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu, 25 Februari 2023 dan dilaksanakan secara daring melalui Aplikasi Zoom Meeting pada pukul 07.00‒12.10 WIB. Seminar nasional pasar modal yang bertema “Smart Investment for Great Young Investors” ini diikuti berbagai kalangan peserta dari universitas lain dan juga masyarakat umum.

Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UTY  dan pembacaan doa yang dimpimpin oleh Fajar Wahyu Nugraha selaku panitia seminar nasional pasar modal KSPM UTY yang diikuti oleh seluruh peserta seminar. Acara berikutnya yaitu berupa sambutan-sambutan yang diberikan oleh Bapak Dr. Junaidi, M.Si., Ak., CA., CSRS. selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UTY. Beliau berpendapat bahwa “Generasi milenial harus memiliki skill pengetahuan terkait investasi pasar modal dalam pengembangan Ilmu Pendidikan.”


Sambutan kedua diberikan oleh Cintana Puti Divani selaku ketua umum KSPM UTY yang mengatakan semoga diadakannya kegiatan seminar ini mampu memberikan wawasan yang lebih luas mengenai pasar modal sehingga dapat menjadikan kita investor yang cerdas dalam bidang pasar modal. Selanjutnya yaitu penyampaian materi dengan moderator Esa Age selaku anggota KSPM UTY.



Materi yang pertama disampaikan oleh Arvinda Riasti dari BEI Perwakilan Yogyakarta dengan tema “Investasi di Pasar Modal Indonesia”. Isi dari materi ini yaitu pentingnya mengatur keuangan untuk persiapan kebutuhan di masa sekarang dan masa depan. Salah satu cara mengelola keuangan dengan cara berinvestasi. Investasi dapat mengelola aset atau harga sehingga aset tersebut dapat memberikan hasil keuntungan dikemudian hari. Investasi dapat berupa obligasi negara, deposito, saham, emas dan tabungan yang dapat disesuaikan dengan jangka waktu dan tujuan kita. Keuntungan dari memiliki saham yaitu menjadi bagian pemilik perusaahaan, adanya pemberian deviden, dapat mengikuti RUPS, dan capital gain. Menjadi seorang investor adalah mereka yang selalu berfikiran positif bahwa masa depan akan lebih baik.  Setelah materi pertama disampaikan, panitia membuka sesi tanya jawab bagi seluruh peserta yang memiliki pertanyaan mengenai materi terkait.


Materi yang kedua disampaikan oleh “Nur Ariefin Addinpujoartanto S.E., MBA, CSA dari Dosen Universitas Teknologi Yogyakarta dengan tema “Pentingnya Berinvestasi di Masa Sekarang ”. Isi dari materi ini yaitu pentingnya investasi di masa sekarang untuk menghadapi inflasi dan mempersiapkan kebutuhan di masa mendatang. Sebelum memulai investasi penting untuk memperhatikan beberapa hal seperti harus berkomitmen dalam jangka panjang, mengecek kondisi keuangan pribadi, menentukan tujuan, tersedianya dana darurat dan mengecek kondisi keuangan perusahaan terlebih dahulu. Tidak ada kata terlambat untuk belajar dan melakukan investasi. Setelah materi kedua selesai disampaikan, panitia membuka sesi tanya jawab kembali kepada para peserta kegiatan.



Materi yang terakhir disampaikan oleh Ahmad Rafif Raya selaku Founder @WaktunyaBeliSaham dengan tema “How To Analyze Day and Swing Trader. Isi materi ini yaitu membahas tentang perbedaan Swing Trading dan Day Trading. Perbedaan terletak pada jangka waktu. Swing Trading jangka transaksi mingguan sampai bulanan, sedangkan Day Trading bersifat harian. Hasil dari trading saham dapat diputar kembali untuk meningkatkan nilai aset, bisa juga untuk investasi dan untuk kebutuhan sehari-hari. Kelebihan dari trading saham yaitu produknya lebih jelas, akses mudah dan murah, transaksi dilakukan dimanapun kapanpun serta dapat meningkatkan aset. Trading menggunakan analisa teknikal untuk memprediksi trend instrumen keuangan dengan mempelajari harga di masa lalu. Analisa teknikal mengasumsikan bahwa pada waktu tertentu hanya mencerminkan segala sesuatu yang dimiliki termasuk faktor fundamental. Setelah materi ketiga selesai disampaikan panitia membuka sesi tanya jawab kembali kepada para peserta kegiatan.


Acara berikutnya yaitu pemberian ucapan terima kasih kepada pemateri Arvinda Riasti dari Bursa Efek Indonesia Yogyakarta, Nur Ariefin Addinpujoartanto., S.E., MBA, CSA dari Dosen Universitas Teknologi Yogyakarta dan Ahmad Rafif Raya selaku Founder @WaktunyaBeliSaham.



Kegiatan sebelum penutup yaitu Ice Breaking dengan game kuis melalui Quizizz yang diikuti seluruh peserta kegiatan dengan durasi 5 menit dan berisikan beberapa pertanyaan mengenai seputar pasar modal. Game ini dijuarai oleh Arum Anggraini dari UTY sebagai juara pertama, Ahmad dari UTY sebagai juara kedua, dan Jeremia Imanuel Werung dari UTY sebagai juara ketiga. Dan pengumuman pertanyaan peserta terbaik. Penanya terbaik pertama diraih oleh Davit dari UTY, penanya terbaik kedua diraih oleh Rifki Eka Hermawan dari STIE Tridharma dan penanya terbaik ketiga diraih oleh Herlina dari Universitas Pekalongan.



 


0 Comments