SEMINAR NASIONAL PASAR MODAL 2022

SEMINAR NASIONAL PASAR MODAL 2022

 


Seminar nasional pasar modal adalah salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh KSPM UTY dengan menghadirkan beberapa pembicara yang bertujuan untuk menyampaikan informasi dan materi mengenai pasar modal kepada mahasiswa dan masyarakat umum. Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu, 4 Juni 2022 dan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting pada pukul 08.00‒11.45 WIB. Seminar nasional pasar modal yang bertema “Building and Growing Young Investors” ini diikuti berbagai kalangan peserta dari universitas lain dan juga masyarakat umum.

Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UTY dan pembacaan doa yang dipimpin oleh Arga Bela Dewa selaku panitia yang diikuti oleh seluruh peserta seminar. Acara berikutnya yaitu berupa sambutan-sambutan yang diberikan oleh Bapak Dr. Eko Setyo Humanika, M.Hum. selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UTY. Beliau berpendapat bahwa “Semakin tingginya kaum milenial untuk mencoba melakukan investasi merupakan kabar yang menggembirakan dan merupakan fenomena yang bagus karena kaum milenial sudah memikirkan masa depan namun kita juga perlu mengetahui lembaga investasi yang bisa dipercaya dan strategi apa yang perlu dimainkan.”

 


Sambutan kedua yaitu diberikan oleh Rendi Tohari selaku ketua panitia seminar nasional pasar modal KSPM UTY yang mengatakan semoga diadakannya kegiatan seminar ini mampu memberikan wawasan yang lebih luas mengenai pasar modal meskipun dilakukan secara virtual.

 


Kegiatan berikutnya yaitu penyampaian materi dengan moderator Aldi Nurdianto selaku ketua umum KSPM UTY. Penyampaian materi pertama diberikan oleh Founder @Ngertisaham yaitu Frisca Devi Choirina dengan tema “The Power of Investment”. Isi dari materi ini yaitu melakukan investasi sangat membantu sekali untuk perekonomian entah untuk saat ini ataupun untuk masa depan. Berinvestasi juga dapat tidak harus dengan modal yang besar hanya saja perlu konsisten. Setelah materi pertama disampaikan, panitia membuka sesi tanya jawab bagi seluruh peserta yang memiliki pertanyaan mengenai materi terkait.  


            Materi yang kedua disampaikan oleh Yoga Arsana selaku Founder @Bengkelsaham dengan tema “Trader Not Gambler”. Isi dari materi kedua yaitu mengenai analisis fundamental dan teknikal yang benar dan tepat bagi pemula. Lalu ada perbedaan scalping dan swing dimana scalping yaitu trading dalam jangka waktu yang cukup pendek dengan memanfaatkan selisih dari harga beli dan jual. Sedangkan swing adalah beli saat ini dan dijual dengan jangka waktu yang panjang. Setelah materi kedua selesai disampaikan panitia membuka sesi tanya jawab kembali kepada para peserta kegiatan.


            Materi yang terakhir disampaikan oleh Ajie Nur Wibowo dari BRI Danareksa Sekuritas dengan tema “Strategi Investasi Ditengah Goncangan Resesi”. Isi materi tersebut adalah pada kondisi penurunan GOP suatu negara selama lebih dari dua kuartal dalam setahun sehingga pertumbuhan ekonomi riil nya bernilai negatif. Hal ini dapat memicu penurunan keuntungan perusahaan, meningkatnya penganggguran, bahkan kebangkrutan ekonomi. Penyebab terjadinya resesi yaitu guncangan ekonomi yang tiba-tiba, utang yang berlebihan, terlalu banyak inflasi, terlalu banyak deflasi, dan perubahan teknologi. Lalu strategi investasi terhadap goncangan resesi yaitu dengan mengetahui profil risiko, memiliki aset likuid dan dana darurat, pilihan instrument investasi, tata ulang portfolio investasi, dan alokasi investasi. Setelah materi kedua selesai disampaikan panitia membuka sesi tanya jawab kembali kepada para peserta kegiatan.

 


Acara berikutnya yaitu Ice Breaking yaitu game kuis melalui Kahoot yang diikuti seluruh peserta kegiatan dengan durasi 2 menit dan berisikan beberapa pertanyaan mengenai seputar pasar modal. Game ini dijuarai oleh Andhika Dwiki sebagai juara pertama, Safrianto sebagai juara kedua, dan Brilian sebagai juara ketiga.


Kegiatan sebelum penutup yakni pengumuman pemenang dari lomba trading saham yang telah dilaksanakan pada 30 Mei – 4 juni 2022. Pemenang dari lomba trading saham yang pertama yaitu oleh Tim CuanGaming, kemudian juara kedua diraih oleh Tim HoldWIRG 168, dan juara ketiga diraih oleh Tim Gungsay. 



0 Comments