STUDI BANDING (STUBA) 2022

 STUDI BANDING KSPM UTY PADA KSPM UMY TAHUN 2022

Kegiatan Studi Banding KSPM antar universitas merupakan serangkaian kegiatan pertukaran informasi yang dilakukan untuk menambah wawasan serta pengetahuan yang dapat diterapkan dalam sebuah organisasi KSPM sebagai bekal masa depan untuk lebih baik lagi. Kegiatan studi banding ini dapat menjadi wadah bagi mahasiwa untuk berkolaborasi agar dapat mengembangan pola pikir, menambah wawasan dan pandangan baru serta menjalin hubungan kekeluargaan yang baik.

Kegiatan Studi Banding ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan masing-masing organisasi, mempererat tali silaturahmi, meningkatkan hubungan baik antar organisasi, menambah wawasan pasar modal serta keorganisasian, dan menjalin kerjasama yang lebih erat dengan pihak KSPM UMY. Diskusi bermanfaat untuk berbagi pengalaman, saling belajar, saling melengkapi dan mencari celah dan referensi untuk memberikan dampak lebih baik ke depan bagi kedua belah pihak sehingga nantinya peserta dapat menjadi agen sosialisasi pasar modal pada masyarakat. Adapun rangkaian acara studi banding dimulai dari pembukaan yang dipimpin oleh MC.

 


Acara yang pertama yaitu sambutan yang diberikan oleh Ganang Muhammad Izzaturahman selaku Ketua Panitia Studi Banding. Dalam sambutannya, Ganang berharap Studi Banding yang mengusung tema “Build Relationship, Strengthen Friendship to Improve the Quality of KSPM UTY-UMY” bisa mempererat silaturahmi dan sharing pengalaman sehingga kedua belah pihak sama-sama memperoleh ilmu dan pengalaman baru.

Aldi Nurdianto selaku Ketua Umum KSPM UTY menyampaikan terima kasih kepada KSPM UMY, Panitia, dan Ketua Panitia karena sudah berantusias dalam mengikuti kegiatan Studi Banding hari ini. Diharapkan, Studi Banding ini dapat saling bertukar pikiran, mengembangkan diri dan organisasi yang bermanfaat dan memberikan dampak lebih baik ke depan.

Ibu Dra. Fran Sayekti, MBA., Akt., CA. selaku Pembina KSPM UTY mengucapkan terima kasih kepada UMY sudah bersedia menerima silaturahmi KSPM UTY. Beliau berharap, kegiatan Studi Banding yang merupakan kegiatan rutin KSPM UTY ini dapat berjalan lancar, dapat saling berkolaborasi, berbagi pengalaman, serta meningkatkan pengetahuan dalam pasar modal sehingga dapat berkembang dan menjadi agen sosialisasi pasar modal pada masyarakat. 

Sambutan terakhir dilakukan oleh Ahmad Faisal Hadiyanto selaku Ketua Umum KSPM UMY yang berharap agar acara Studi Banding hari ini dapat berjalan dengan lancar. Sehingga dapat saling belajar dan saling melengkapi. Serta dapat saling mempelajari tentang KSPM dan program - program kerjanya. 


Acara yang selanjutnya adalah pengenalan tentang KSPM UMY dan KSPM UTY serta tanya jawab dari masing-masing Ketua Umum KSPM. Pemaparan tersebut berisi tentang pengenalan keorganisasian, kegiatan yang dilakukan, capaian organisasi, peraturan yang ada, pihak yang bekerja sama pada masing-masing KSPM, struktur organisasi, job description masing-masing divisi atau departemen, serta program kerja yang dilaksanakan dengan membagi para peserta kegitan Studi Banding yang dimasukkan pada breakout room zoom yang telah dibagi sesuai dengan divisi atau departemen yang ada. 


Setelah Breakout Room, seluruh peserta kembali ke room utama untuk menyaksikan penampilan Live Music dari PSM Nada UTY Narawunggi Dasandriya.


Acara selanjutnya membahas mengenai dampak perang Rusia-Ukraina terhadap pasar modal di Indonesia dan mengenai Cryptocurrency yang mulai menjadi pilihan investor dan lebih diminati dibandingkan dengan saham. Diskusi ini dilakukan dengan tanya jawab yang dibagi dalam beberapa topik. Kesimpulan dari kedua diskusi adalah keunggulan crypto yang bergerak 24 jam dan memiliki nilai fluktuasi yang tinggi, tidak ada batas ARA dan ARB, jumlah investor crypto dua kali lipat dari investor saham, akan tetapi MUI mengatakan bahwa mata uang crypto haram karena tidak ada back up/underlying. Crypto cenderung diminati karena tren, pasaran crypto lebih luas, dan Elon Musk menyatakan bahwa crypto adalah aset masa depan yang menguntungkan.

Acara selanjutnya yakni penyerahan plakat sebagai kenang-kenangan dari KSPM UTY kepada KSPM UMY yang di wakilkan oleh Ganang Muhammad Izzaturahman selaku perwakilan KSPM UTY dan Aldi Nurdianto selaku perwakilan KSPM UMY. Acara selanjutnya yakni sesi dokumentasi dan penutup.



0 Comments