Pendidikan Latihan Dasar (DIKLATSAR) 2022

 


Pendidikan Latihan Dasar (DIKLATSAR) merupakan salah satu program kerja wajib Kelompok Studi Pasar Modal Universitas Teknologi Yogyakarta dengan tujuan membentuk para anggota untuk berpikir kritis, kreatif, bertanggung jawab, dan berkomitmen tinggi. Acara dilaksanakan secara luring yang bertempatkan di Sport Center Kampus 1 Universitas Teknologi Yogyakarta pada hari Sabtu, 12 November 2022 dengan mengangkat tema “The First Step to be a Great Investor with KSPM”.


Rangkaian acara Diklatsar dimulai oleh MC yang dibawakan oleh Saudara Rahman Hakim dan Saudari Faricha Khairunnisa, kemudian penyambutan oleh Ketua Panitia Diklatsar Saudari Nindi Alaida Rachma dalam sambutannya menucapkan terima kasihkepada semua pihak yang telah membantu berjalannya acara ini sehngga dapat terlaksana dengan lancar. Selanjutnya sambutan dilanjutkan oleh Saudari Citntana Puti Divani selaku Ketua KSPM Universitas Teknologi Yogyakarta periode 2022/2023.

Sambutan dilanjutkan oleh Cintana Puti Divani selaku Ketua Umum Kelompok Studi Pasar Modal Universitas Teknologi Yogyakarta Periode 2022/2023 dengan memberikan ucapan selamat kepada para calon anggota magang karena sudah terpilih menjadi anggota magang di KSPM UTY Periode 2022/2023. Cintana juga memberikan pernyataan bahwa “Suksesnya suatu organisasi ditentukan oleh pengurus dan anggotanya, organisasi yang hebat didukung oleh pengurus dan anggota yang mumpuni. Membentuk pengurus dan anggota  organisasi yang berkualitas diperlukan alur kaderisasi yang baik dan terorganisir.” Dari pernyataan tersebut, Cintana Puti Divani  berharap dengan adanya acara Pendidikan Latihan Dasar yang menjujung tema The first step to be a grat young investor with KSPM nantinya akan meningkatkan semangat berinfestasi dan membentuk karakter untuk memeprsiapkan generasi selanjutnya yang lebih kreatif dan inovatif”.


Acara kemudian dilanjutkan oleh penyambutan oleh bapak Dr. Eko Setya Humanika, M.Hum., beliau memaparkan bahwa kegiatan diklatsar dan melalui organisasi KSPM merupakan tahapam awal agar menjadi investor ulung. Beliau juga mengungkapkan bahwa harapan dalam bergabung kspm dapat menjadi investor muda dengan berbagai analisisnya sehingga berhasil dalam berinvestasi. Diharapkan melalui acara diklatsar nantinya akan lahir investor yang mewarnai dunia pasar modal di Indonesia. 

Acara pemateri berikutnya disampaikan oleh saudara Acub Januar menegnai Pasar Modal. Saudara Acub memaparkan materi Pasar Modal yang berisikan mengenai investasi, pasar modal, perdagangan saham. Dalam sambutannya, Acub memberikan pertanyaan mengenai pengertian dari investasi. Bagi peserta yang bisa menjawab dengan benar akan diberikan reward.  kemudian di lanjutkan dengan pemaparan materi ke dua yang disampaikan oleh saudara Muhamad Naufal Miftah Sandy yang memaparkan materi mengenai trading seperti pengertian trading, jenis trading, analisis teknikal, analisis fundamental, hal yang dibutuhkan untuk trading, alasan menjadi trader. Diakhir sesi dilakukan tanya jawab oleh paa peserta diklatsar kepada pemateri. Berikutnya setelah pemaparan materi yaitu pengenalan mengenai profil  KSPM periode 2022/2023 yang diwakilkan oleh ketua KSPM UTY suadari Cintana Puti Divani. Pemaparan profil tersebut berisi visi misi KSPM, pengenalan tugas-tugas divisi dan bidang kepengurusan KSPM, struktur KSPM, dan pengenalan pengurus KSPM. 


Selanjtunya yaitu penyampaian sambutan dari Ibu Fran Sayekti, beliau menyampaikan sejarah pembentukan KSPM, menyampaikan kebanggaan menjadi Pembina KSPM karena KSPM selalu konsisten mengenai kegiatan yang dilakukan, menyampaikan manfaat mengikuti KSPM. Beliau juga berpesan untuk terus rajin membaca, terjun langsung ke pasar modal dengan membuka akun untuk investasi disisi lain juga beliau memberi pesan untuk tetap semangat dalam mengikuti kegiatan KSPM sampai selesai.



Acara yang terakhir adalah game yang terdiri dari 3 game. Game yang pertama berisikan game cerdas cermat, game yang kedua game siapa aku, dan game yang ketiga game tebak gaya. Setelah semua anggota magang memainkan 3 game dilanjutkan dengan pengumuman kelompok pemenang. 



0 Comments