KUNJUNGAN STUDI BANDING KSPM FEB UPN “VETERAN” YOGYAKARTA


KUNJUNGAN STUDI  BANDING KSPM FEB UPN “VETERAN” YOGYAKARTA


            Kunjungan Studi Banding dari KSPM FEB UPN “Veteran” Yogyakarta merupakan suatu bentuk kegiatan untuk saling berbagi pengetahuan mengenai program kerja dan struktur organisasi dari masing-masing KSPM, serta untuk menjalin silaturahmi antar KSPM. Kegiatan Studi Banding ini bertujuan untuk lebih mengenal antar organisasi karena tentu saja terdapat perbedaan antara kedua belah pihak, terutama dalam struktur organisasinya.
Untuk itu dalam kegiatan ini terdapat beberapa kegiatan yang menjadi bahan sharing bagi kedua KSPM, yang pertama sharing mengenai program kerja dari masing-masing KSPM. Disini Ketua Umum dan pengurus harian organisasi memaparkan mengenai masing-masing dari jobdesk mereka. Dan sharing yang kedua mengenai administrasi yang dijalankan masing-masing KSPM mengenai sistem edukasi yang dijalankan, cara mengelola SDM yang sudah ada, cara menumbuhkan minat anggota dalam mengikuti perlombaan ataupun kompetisi yang berhubungan dengan pasar modal. Selanjutnya, dari sesi tanya jawab tersebut memunculkan beberapa pertanyaan yaitu pihak KSPM FEB UPN “Veteran” Yogyakarta menanyakan tentang bagaimana pelaksanaan edukasi permainan stocklab KSPM UTY yang sebelumnya menjuarai lomba stocklab yang diselenggarakan oleh KSPM FEB UPN “Veteran” Yogyakarta. Sebaliknya, anggota magang dari KSPM UTY menanyakan mengenai sejarah KSPM UPN yang dulunya berbentuk UKM dengan anggota dari berbagai prodi dan sekarang langsung berada dibawah naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Diskusi yang terahkir adalah mengenai “Pengaruh kebijakan pemerintah terhadap perekonomian Indonesia” dengan sistem pelaksanaan berupa sesi tanya jawab antara audience dan para pengurus harian masing-masing KSPM.
           

         
   Anisa Nur Wulansari selaku Ketua Panitia Studi Banding menyampaikan bahwasanya “KSPM merupakan salah satu UKM yang ada di Universitas Teknologi Yogyakarta, didalamnya tidak hanya beranggotakan mahasiswa/i ekonomi saja melainkan mahasiswa/i dari berbagai prodi di Universitas Teknologi Yogyakarta karena pasar modal sendiri bersifat universal, dan organisasi yang baik merupakan organisasi yang memiliki output dan  feedback terhadap kampus dalam bentuk prestasi”.

            Selanjutnya, Rika Sabar Abadi selaku Ketua Umum KSPM UTY mengatakan bahwa “acara ini menerapkan konsep diskusi dan sharing  terhadap sistem atas pengelolaan atau management dari berbagai kegiatan masing-masing KSPM”.

            Kemudian, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Teknologi Yogyakarta Drs. Rokhmat, M.M., Akt berpesan kepada KSPM UTY dan KSPM UPN bahwa “untuk saling bekerjasama di era keterbukaan sekarang ini, beliau juga memberi apresiasi yang tinggi terhadap KSPM yang dapat menggunakan internet dengan bijak dan mengatakan bahwa investor-investor milenial yang berusia dibawah 30 tahun di pasar modal cenderung naik dan berkisar diangka 40%”.


Selain itu, Emma Justica Rusadi selaku Ketua Umum KSPM UPN “Veteran” Yogyakarta mengatakan “kami ingin sama-sama belajar bagaimana cara mengelola Kelompok Studi Pasar Modal di sebuah Universitas dengan output untuk membentuk investor muda dikalangan mahasiswa maupun dikalangan masyarakat”.

0 Comments