SEKOLAH PASAR MODAL UNTUK NEGERI 2021

 Sekolah Pasar Modal untuk Negeri KSPM UTY

Sekolah Pasar Modal (SPM) merupakan program kerja sama KSPM UTY dengan Bursa Efek Indonesia dengan tujuan memberikan edukasi tentang produk-produk investasi dalam pasar modal, mekanisme perdagangan, dan peraturan pasar modal. Acara dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting yang diadakan tiga kali pada tanggal 16 Oktober, 23 Oktober, dan 11 Desember 2021 dengan mengangkat temaTogether We Learn to be Young Investors For a Great Generation”.

 


Siska Kurniani, selaku Ketua Panitia Sekolah Pasar Modal untuk Negeri 2021 dalam sambutannya, menyampaikan dengan adanya Sekolah Pasar Modal ini diharapkan peserta yang mengikuti dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan mengenai dunia pasar modal yang dapat meningkatkan keinginan untuk berinvestasi.

Sambutan dilanjutkan oleh Aldi Nurdianto selaku Ketua Umum Kelompok Studi Pasar Modal Universitas Teknologi Yogyakarta Periode 2021/2022 menyampaikan bahwa kegiatan Sekolah Pasar Modal diisi oleh para Narasumber hebat dan berpengalaman yang juga merupakan perwakilan dari pihak Bursa Efek Indonesia, BRI Danareksa dan KSEI. Selain mendapatkan materi dari narasumber, acara ini juga memberikan beberapa doorprize menarik untuk peserta yang beruntung.

 


Bapak Irfan Noor Riza selaku perwakilan dari Brusa Efek Indonesia di acara SPM 1 menyampaikan bahwa Sekolah Pasar Modal untuk Negeri memang dipersembahkan dalam rangka bulan inklusi keuangan yang jatuh selama bulan Oktober ini. Beliau juga menyampaikan pada tahun 2021 ini adalah saat yang tepat untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia. Hal itu positif mengarah bahwa pasar modal akan melesat pasar modal sebentar lagi akan mengikuti lajunya perekonomian Indonesia.


Bapak Ali Imran selaku perwakilan dari BRIDS pada SPM 1 dalam paparannya mengatakan, bahwa ada beberapa alasan mengapa kita harus berinvestasi, yaitu menabung tidak bisa mengalahkan investasi karena adanya inflasi, tujuan akan lebih tercapai, dapat menambah pendapatan, serta berinvestasi dapat memaksimalkan kekayaan.

 


Pada SPM 2, kami menghadirkan Bapak Zunarsa Hafizh selalu perwakilan dari BRIDS. Dalam materinya, beliau mengatakan bahwa di dalam analisis fundamental, kita perlu mempelajari beberapa hal, antara lain kondisi ekonomi dari suatu negara. Informasi ini bisa digunakan untuk mengukur banyak hal, seperti mengukur adanya daya beli masyarakat, serta pengaruhnya terhadap bisnis dari perusahaan yang melakukan kegiatan ekspor-impor.

 


Dalam acara SPM 3, Ibu Agnes selaku perwakilan BEI menyatakan bahwa investasi di pasar modal saat ini mudah dan terjangkau, dengan uang Rp100.000, kita dapat membeli 1 lot saham. Banyak perusahaan yang kini mulai mencari sumber tambahan modal mereka melalui pasar modal. Arahan bagi para Investor untuk memperhatikan dan mengetahui bahwa dalam jalannya aktifitas juga dijelaskan oleh bapak Lutfi Patria selaku perwakilan BRIDS. Dalam materinya dijelaskan bahwa terdapat perusahaan yang akan mendorong terjadinya kenaikan harga saham dan terdapat perusahaan yang sudah naik terlebih dahulu tetapi belum terlihat memiliki profit. Artinya, apabila sebuah perusahaan memiliki banyak investor maka akan lebih profitable di masa yang akan datang.

Kini para Investor tidak perlu ragu lagi untuk memulai investasi karena sudah ada KSEI selaku lembaga penyimpanan, tempat perlindungan, juga tempat penyelesaian masalah pasar modal. Ibu Angghita Silviani Dewi menjelaskan bahwa saat ini KSEI sudah memiliki 1746 anggota yang terdiri dari perusahaan sekuritas. Dalam lembaga nya, KSEI memiliki beberapa layanan, yaitu sebagai tempat penyimpanan efek dan sebagai tempat penyelesaian transaksi efek baik transaksi di pusat maupun di luar. KSEI menyediakan fasilitas akses yang dapat digunakan untuk menampilkan portofolio investasi keseluruhan dalam bentuk presentasi konsolidasi.

 

0 Comments