Pendidikan Latihan Dasar (DIKLATSAR) 2021

 Pendidikan Latihan Dasar (DIKLATSAR) 


Pendidikan Latihan Dasar (DIKLATSAR) merupakan salah satu program kerja wajib Kelompok Studi Pasar Modal Universitas Teknologi Yogyakarta dengan tujuan membentuk para anggota untuk berpikir kritis, kreatif, bertanggung jawab, dan berkomitmen tinggi. Acara yang dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting pada hari Sabtu, 4 Desember 2021 mengangkat tema “Upgrade Your Personality with KSPM”.


Rangkaian acara DIKLATSAR dimulai oleh MC. Silvia Triananda selaku Ketua Panitia Pendidikan Latihan Dasar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu berjalannya acara ini sehingga dapat terlaksana dengan lancar. Silvia juga berharap bahwa acara ini dapat menambah ilmu dan meningkatkan keakraban antara pengurus dan anak magang. 

Sambutan dilanjutkan oleh Aldi Nurdianto selaku Ketua Umum Kelompok Studi Pasar Modal Universitas Teknologi Yogyakarta Periode 2021/2022 dengan memberikan ucapan selamat kepada para calon anggota magang karena sudah terpilih menjadi anggota magang di KSPM UTY Periode 2021/2022. Aldi juga memberikan pernyataan bahwa

“Suksesnya suatu organisasi ditentukan oleh pengurus dan anggotanya, organisasi yang hebat didukung oleh pengurus dan anggota yang mumpuni. Membentuk pengurus dan anggota  organisasi yang berkualitas diperlukan alur kaderisasi yang baik dan terorganisir.” Dari pernyataan tersebut, Aldi Nurdianto berharap dengan adanya acara Pendidikan Latihan Dasar dapat melahirkan generasi yang kreatif, inovatif dan bertangung jawab serta acara kedepannya dapat berjalan sesuai rencana.

Selanjutnya, Bapak Luhur Sapto Pamungkas

M.T., S.T. selaku Asisten Rektor III Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Komunikasi Universitas Teknologi Yogyakarta memberikan sambutan dan materi mengenai keorganisasian. Ada 4 hal penting yang disampaikan yaitu motivasi, integritas, inovasi dan kreatifitas. Beliau juga 

berharap kepada panitia maupun pengurus Kelompok Studi Pasar Modal untuk tetap berinovasi dan kreatif sehingga dapat membuat berbagai macam kegiatan untuk meningkatkan antusias audiens dan tetap dapat menghadirkan pemateri yang hebat dalam setiap acaranya. 

 



Acara berikutnya adalah pemberian materi. Materi pertama menyampaikan tentang keorganisasian yang disampaikan oleh saudara Wafa Setiawan. Dalam sambutannya, Wafa memberikan pertanyaan mengenai pengertian SEO. Bagi peserta yang bisa menjawab akan diberikan reward berupa pulsa sebesar Rp20.000,00. Pemberian materi mengenai keorganisasian yang disampaikan Wafa meliputi pengertian, tujuan, serta manfaat keorganisasian. Wafa selaku pemateri juga memberikan pernyataan bahwa dalam keorganisasian diam itu bukan emas, melainkan mematikan. Dari pernyataan tersebut, Wafa berharap kepada anggota baru KSPM untuk selalu aktif dan memberikan timbal balik untuk organisasi maupun anggota yang lain. 

Pemateri kedua disampaikan oleh saudari Melawati dan Siska Kurniani yang menyampaikan materi tentang Investasi, meliputi pengertian investasi, macam-macam investasi, tujuan investasi, teknik dalam berinvestasi, dan manfaat investasi. Pemberian materi terakhir disampaikan oleh saudara Rendi Tohari yang membahas mengenai trading meliputi penjelasan tentang analisis, trading vs investasi, dan bagaimana cara berinvestasi. Rendi juga menyampaikan bagaimana cara membuat rencana, menetapkan jangka waktu untuk sebelum melakukan trading/investasi, hingga menyiapkan modal yang kita investasikan dan mengelolanya. 

           



Acara selanjutnya adalah pembacaan dan pengisian surat perjanjian anggota magang yang dibacakan oleh perwakilan anggota magang dan selanjutnya penyematan ID Card secara simbolik dari ketua panitia DIKLATSAR yaitu Silvia Triananda kepada perwakilan anggota magang yaitu Faricha Khoirunisa. Setelah itu Pembina Kelompok Studi Pasar Modal Universitas Teknologi Yogyakarta, Dra. Fran Sayekti, MBA., AKT.,CA., memberikan selamat kepada seluruh anggota yang telah terpilih. 

Acara yang terakhir adalah game yang terdiri dari  4 pos. Pos yang pertama berisikan game Tebak Kata ‘Siapakah Aku’. Pos yang kedua game Tebak Gambar. Pos yang ketiga game Cerdas Cermat. Dan pos yang terakhir adalah sesi wawancara oleh pengurus inti. Setelah semua anggota magang melewati 4 pos game dilanjutkan dengan pengumuman kelompok pemenang. Kelompok yang berhasil menjadi juara pertama adalah kelompok JSMR, juara kedua diraih oleh kelompok UNTR dan juara ketiga diraih oleh kelompok ELSA. 

Selain itu, ada juga 2 kelompok yang mendapatkan skor terendah yaitu kelompok HMSP dan MYOR dan akan mendapatkan hukuman yang berupa memberikan “gombalan” kepada panitia yang akan dipilih secara acak menggunakan aplikasi yang telah disediakan panitia. Setelah pengumuman kelompok yang menang dan kalah, ada juga pengumuman bagi penanya terbaik yang mendapatkan reward berupa pulsa dan ada 2 pemenang yaitu, Rosyid Abdullah dan Faiq Akbar.


Dokumentasi:



0 Comments