GOES TO SCHOOL (GTS) 2022

 GOES TO SCHOOL SMA NEGERI 1 MLATI 

            Goes to school adalah salah satu kegiatan yang diadakan oleh KSPM UTY dengan kunjungan ke sekolah yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan pemahaman yang lebih banyak lagi tentang pasar modal dan bagaimana pentingnya berinvestasi kepada Siswa/i. Kegiatan Goes to School yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 Februari 2022 via daring melalui zoom meeting kepada Siswa/I SMA Negeri 1 Mlati. Walaupun acara ini dilaksanakan secara daring, hal tersebut tidak mematahkan semangat dan antusias para Siswa/I untuk mengikuti kegiatan goes to school ini dari awal hingga akhir.

            Acara ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang di ikuti oleh semua tamu undangan dan juga seluruh peserta. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama dari perwakilan SMA Negeri 1 Mlati, yaitu Bapak Suryanto, S.Pd. Beliau berpendapat bahwa “Ketika di zaman dahulu orang-orang ingin menabung harus di celengan atau membuka rekening di bank, hal tersebut sudah tidak efektif lagi mengingat perkembangan zaman yang sudah berubah ini. Dan salah satu hal yang efektif untuk menabung saat ini adalah menabung di bursa efek”.

            Sambutan yang kedua disampaikan oleh ketua panitia dari Goes To School yaitu Melawati, mengatakan Goes To School dengan tema “learn Investing Early to Become a Young Investor” ini mengharapkan kepada semua generasi muda terutama siswa/i di SMA Negeri 1 Mlati ini kedepannnya lebih memahami pasar modal dengan baik.


Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Aldi Nurdianto sebagai Ketua Umum KSPM UTY periode 2021/2022. Ia menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan Goes To School ini, diharapkan kedepannya ini muncul investor-investor hebat dari generasi milenial ini. Selain itu, harapan untuk siswa/i SMA Negeri 1 Mlati ini menjadi salah satu dari investor-investor hebat itu.


Sambutan yang terakhir disampaikan oleh perwakilan dari pihak kampus oleh Asisten Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan & Alumni (Universitas Teknologi Yogyakarta), yaitu Bapak Luhur Sapto Pamungkas, S.T., M.T. Beliau menyampaikan bahwa semua ilmu akan menjadi penting dan bermanfaat ketika kita paham bagaimana seharusnya kita memahami ilmu tersebut. Beliau juga menyampaikan bahwa ketika kita mempelajari suatu ilmu, bukan besar kecilnya nomila(nominal) yang dikeluarkan untuk meraih ilmu tersebut. Namun, seberapa besar hal yang kita peroleh dari kita mendapat ilmu tesebut.

Setelah acara sambutan berakhir, selanjutnya masuk ke acara inti dari Goes to School ini. Acara yang pertama yaitu memperkenalkan KSPM UTY sebagai salah satu UKM di Universitas Teknologi Yogyakarta yang disampaikan oleh ketua umum KSPM UTY yaitu, Aldi Nurdianto.

Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan KSPM UTY kepada siswa/i SMA Negeri 1 Mlati agar mereka memiliki gambaran yang lebih jelas lagi apa itu Kelompok Studi Pasar Modal.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dari PT BEI Cabang Yogyakarta. Isi dari materi ini adalah memperkenalkan lebih luas tentang apa itu pasar modal dan investasi. Setelah itu dilanjutkan materi dari PT BRI Danareksa Sekuritas Cabang Yogyakarta yang menjelaskan tentang bagaimana cara berinvestasi yang baik.


Setelah semua pemateri menyampaikan materi yang akan disampaikannya, panitia juga membuka sesi tanya jawab bagi siswa/i yang mungkin ada beberapa pertanyaan tentang pikiran yang muncul ketika materi di sampaikan. Acara selanjutnya, panitia juga menyiapkan games untuk siswa/i dengan tujuan untuk melatih pemahaman tentang berinvestasi, pasar modal yang sudah dijelaskan oleh pemateri. Selain itu, pertanyaan kuis juga tentang KSPM sendiri dan juga tentang Universitas Teknologi Yogyakarta itu sendiri yang sudah dijelaskan oleh Ketua Umum KSPM UTY. Kemudian, dari KSPM UTY juga memberikan beberapa doorprize sebagai bentuk apresiasi kepada siswa/i SMA Negeri 1 Mlati yang sudah memenangkan kuis dan juga beberapa penanya terbaik.


Berikut ini adalah dokumentasi foto Bersama dalam acara Goes To School 2022 KSPM UTY :



 

0 Comments