KUNJUNGAN STUDI BANDING KSPM STIE YKPN YOGYAKARTA


Studi Banding KSPM UTY dengan  KSPM STIE YKPN YOGYAKARTA


Gambar 1. Waiting Background Studi Banding

            Kunjungan Studi Banding dari KSPM STIE YKPN merupakan suatu bentuk kegiatan untuk saling berbagi pengetahuan mengenai program kerja dan struktur organisasi dari masing-masing KSPM, bertukar pikiran mengenai pasar modal, serta untuk menjalin silaturahmi antar KSPM. Kegiatan Studi Banding ini bertujuan untuk lebih mengenal antar organisasi karena tentu saja terdapat perbedaan antara kedua belah pihak, terutama dalam struktur organisasinya. Untuk itu dalam kegiatan ini terdapat beberapa kegiatan yang menjadi bahan sharing bagi kedua KSPM, yang pertama sharing mengenai program kerja dari masing-masing KSPM. Disini Ketua Umum memaparkan mengenai masing-masing dari job description mereka. Sharing yang kedua mengenai sektor mana yang akan tetap melemah meskipun pandemi telah usai, sektor mana yang akan tetap menguat kembali setelah pandemi usai, pandangan peserta terhadap prospek IHSG setelah pandemi.

Gambar 2. Pembukaan Studi Banding oleh MC

Acara yang pertama yaitu sambutan yang diberikan oleh Dewa Ayu Rielivya Manogari selaku Ketua Panitia Studi Banding. Dalam sambutannya, Dewa Ayu Rielivya Manogari berharap Studi Banding yang mengusung tema “Sharing and Exchanging Ideas to Increase Organization Performance of KSPM UTY and STIE YKPN” yang fokus pada keorganisasian KSPM dan berharap dengan adanya Studi Banding ini masing-masing KSPM semakin baik dan berkembang.

Gambar 3. Sambutan oleh Ketua Panitia Studi Banding 

Muhammad Rizky Imami selaku Ketua Umum KSPM UTY menyampaikan terima kasih kepada KSPM STIE YKPN karena sudah bersedia dan antusias dalam mengikuti Studi Banding yang diselenggarakan hari ini. Diharapkan Studi Banding ini akan membuahkan ilmu yang bermanfaat.


Gambar 4.. Sambutan oleh Ketua Umum KSPM UTY

Ibu Dra. Fran Sayekti, MBA., Akt., CA. selaku Pembina KSPM UTY. Beliau mengucapkan terima kasih kepada STIE YKPN  telah menghadiri acara Studi Banding pada hari ini, khususnya kepada Pembina STIE YKPN yang telah menerima stuba dari KSPM UTY. Beliau juga berharap bahwasanya “Semoga acara ini berjala lancar dan kita dapat saling berkolaborasi, menambah pengetahuan dalam pasar modal sehingga dapat berkembang, serta menambah manfaat antar KSPM”.

Gambar 5. Sambutan oleh Pembina KSPM UTY

Feri Resa Akbar selaku Ketua Umum KSPM STIE YKPN, yang mengatakan bahwasanya “Semoga acara Studi Banding hari ini dapat berjalan dengan lancar. Serta kita dapat saling bertukar pikiran tentang KSPM  dan program-program kerja yang akan kita laksanakan kedepannya, serta kita dapat saling berkolaborasi”.

Gambar 6. Sambutan oleh Ketua Umum KSPM STIE YKPN 

Ibu Dra. Conny Tjandra Rahadja, MM. selaku Pembina KSPM STIE YKPN. Beliau mengucapan terima kasih kepada KSPM UTY untuk sudah mengajak berdiskusi dengan KSPM STIE YKPN. “Saya sebagai Pembina KSPM STIE sangat mendukung kegiatan Studi Banding dengan KSPM UTY untuk saling bersinergi kemajuan bersama dan saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat berbagi ide tentang program kerja divisi serta meningkatkan kinerja organisasi internal. Harapan Saya juga dengan adanya kegiatan hari ini dapat mengedukasi keterampilan dan pengetahuan kepada masyaraakt luas, sehingga kita bisa memberikan konstribusi yang bermakna”.  

 

Gambar 7. Sambutan oleh Pembina KSPM STIE YKPN 

Acara yang selanjutnya adalah pengenalan secara singkat serta tanya jawab dari masing-masing KSPM. Pengenalan yang pertama dimulai dari Feri Resa Akbar selaku Ketua Umum KSPM STIE YKPN kemudian dilanjutkan oleh KSPM UTY yang dijelaskan oleh Muhammad Rizky Imami selaku Ketua Umum KSPM UTY. Dari masing-masing pemaparan tersebut bersisi tetang pengenalan keorganisasian, kegiatan yang dilakukan, peraturan yang ada, pihak yang bekerjasama pada masing-masing KSPM, struktur organisasi, job description masing-masing divisi atau departemen, serta program kerja yang dilaksanakan.  

Setelah perkenalan organisasi dan tanya jawab selesai, kemudian dilanjutkan diskusi dengan membagi para peserta kegitan Studi Banding yang dimasukkan pada breakout room zoom yang telah dibagi sesuai dengan divisi atau departemen yang ada. Breakout room tersebut terdiri dari kelompok Ketua Umum, Sekretaris Umum, dan Bendahara Umum. Kelompok kedua yaitu Internal dengan Human Research and Development, kelompok ketiga yaitu Ekstra dengan Research and Development (RND) kelompok keempat yaitu Humas dengan Public Relation and Development (PRD), kelompok kelima PSDM dngan Edukasi dan Trading.

 

Gambar 8. Diskusi pada Breakout Room Ketua Umum, Sekretaris Umum, Bendahara Umum

 

Gambar 9. Diskusi pada Breakout Room Internal dengan HRD

 

Gambar 10. Diskusi pada Breakout Room Ekstra dan RND

 

Gambar 11. Diskusi pada Breakout Room Humas dengan PRD

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi tentang pasar modal. Diskusi ini dilakukan dengan tanya jawab yang dibagi dalam beberapa topik.

Gambar 12. Diskusi antara KSPM UTY dan KSPM STIE YKPN 

Topik yang pertama yaitu “Saat Pandemi Harga Naik, Setelah Pandemi Apa Kabar?”. Kemudian topik diskusi yang kedua yaitu “Saat Pandemi Saham Anjlok Setelah Pandemi Bisa Bangkrut Tidak Ya?”. Dilanjutkan topic yang ketiga yaitu “IHSG setelah pandemi, PDKT nggak ya?” Diskusi ini berupa sesi tanya jawab antara audience dan para pengurus KSPM.

0 Comments

Newest