GOES TO SCHOOL SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN & SMA NEGERI 1 SEYEGAN 2021

 

BERITA ACARA GOES TO SCHOOL

SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN & SMA NEGERI 1 SEYEGAN


Goes to school merupakan salah satu kegiatan dari KSPM UTY berupa kunjungan ke sekolah dengan tujuan untuk memberikan edukasi serta pemahaman lebih terkait pasar modal dan pentingnya berinvestasi kepada siswa/i. Pandemi covid tidak menghalangi kami untuk tetap mengadakan acara bermanfaat ini. Walaupun secara daring siswa/i SMA Muhammadiyah 1 Muntilan dan SMA Negeri 1 Seyegan mengikuti kegiatan goes to school dengan semangat dan antusiasme yang tinggi.



Rangkaian acara goes to school yang pertama yaitu memperkenalkan fakultas, jurusan, serta organisasi-organisasi yang berada di Universitas Teknologi Yogyakarta. Hal ini bertujuan untuk menarik minat siswa/i dan menjadi bahan pertimbangan untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Setelah pengenalan Universitas, dilanjutkan pengenalan organisasi KSPM UTY. Dimana pada sesi ini, menjelaskan program kerja apa saja yang dijalankan selama satu periode. Apabila siswa/i ingin berdiskusi lebih lanjut dengan kami dapat menghubungi instagram @kspm_uty atau datang langsung ke Pojok BEI KSPM UTY setelah kondisi memungkinkan.

  

  



Acara selanjutnya yaitu penyampaian materi oleh pembicara dari KSPM UTY dan PT BRI Danareksa Sekuritas Cabang Yogyakarta. Isi dari materi ini meliputi pasar modal untuk pemula dan keuntungan apa saja yang di dapat jika terjun langsung ke pasar modal, serta bagaimana cara menganalisis saham dengan baik. Penyampaian materi merupakan inti dari kegiatan goes to school. Di akhir sesi penyampaian materi diadakan tanya jawab untuk saling berdiskusi. Kami juga mengadakan games kuis untuk para siswa/i terkait materi pasar modal yang sudah dijelaskan para pembicara. Sebagai apresiasi dari kami, pemenang games kuis dan penanya terbaik mendapatkan doorprize.

    


            Dewa Ayu Rielivya Manogari selaku ketua panitia menyampaikan, “Goes to school kali ini mengusung tema Menumbuhkan Generasi Z yang Gemar berinvestasi di Pasar Modal, dengan harapan teman-teman dapat mengetahui pentingnya investasi di usia muda dan memulai investasi sekecil apapun dan dalam bentuk apapun”. Tidak lupa juga, ia menyampaikan rasa terima kasih kepada SMA Muhammadiyah 1 Muntilan dan SMA Negeri 1 Seyegan karena telah bersedia bekerjasama dalam kegiatan goes to school.

             


            Selanjutnya, Muhammad Rizki Imami selaku Ketua Umum KSPM UTY periode 2020/2021 menyampaikan bahwasanya “Dengan adanya kegiatan ini teman-teman dapat belajar tentang pasar modal, bagaimana cara orang-orang mengkapitalkan keuangan mereka, bagaimana mereka menyalurkan keuangan sehingga mereka bisa how to make money for more money. Sebagai contoh orang-orang sukses seperti Warren Buffet, Bill Gates dan Lo Kheng Hong yang melakukan investasi di saham. Dengan ini diharapkan teman-teman mempunyai pandangan untuk berinvestasi dan memahami instrumen-instrumen pasar modal”.



Perwakilan Kesiswaan SMA Muhammadiyah 1 Muntilan, Bapak Joko Pracoyo, S.Pd menyampaikan “Acara goes to school tidak hanya untuk siswa/i IPS tapi terbuka untuk umum karena berkaitan dengan pasar modal. Pada kesempatan ini teman-teman belajar bagaimana memanfaatkan peluang di era sekarang. Pasar modal sekiranya dapat dimaksimalkan karena bisa menjadi sebuah lahan bisnis dan menentukan strategi tepat untuk memilih saham yang menguntungkan”. Tak lupa juga, beliau menyampaikan rasa terimakasih kepada pihak KSPM UTY telah menyelenggarakan kegiatan dengan semaksimal mungkin.

 


            Selaku perwakilan dari PT BRI Danareksa Sekuritas Cabang Yogyakarta, Bapak Zunarsa Hafizh Rizqulloh menyampaikan “Salah satu indikator perekonomian Indonesia dikatakan maju adalah seberapa besar literasi dan pemahaman masyarakat terhadap produk-produk keuangan. Data menunjukan masyarakat masih rendah dalam mengetahui produk-produk keuangan khususnya pasar modal. Oleh karena itu teman-teman di tingkat sekolah menengah atas diperkenalkan dan diharapkan dapat memanfaatkan produk-produk pasar modal”.



Selain itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni & Komunikasi, Bapak Dr. Eko Setyo Humanika, M.Hum., menyampaikan “Melalui kegiatan ini adik-adik dapat belajar bagaimana cara mencermati, menganalisis, dan paling penting memahami apa itu pasar modal dan bagaimana pasar modal tersebut dapat melipatgandakan modal yang adik-adik tanamkan pada sebuah perusahaan”. Beliau juga menyampaikan penghargaan bagi pihak sekolah yang telah berkenan untuk bekerjasama, karena ini akan menjadi awal yang baik.

 




0 Comments